PEMBAHASAN MENGENAI DEMO MAKASAR

Makassar – Peristiwa penembakan dan penyerbuan aparat ke kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar yang terjadi 9 tahun lalu diperingati secara besar-besaran. Sekitar 1200 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi se Makassar hari ini,
Senin (25/4/2005) memperingati April Makassar Berdarah (Amarah). Selain mahasiswa dari UMI, aksi ini juga diikuti oleh mahasiswa dari kampus lain, seperti dari Universitas Negeri Makasar, Universitas 45 dan lain-lain. Peringatan dilakukan dengan konvo menuju ke pemakaman tiga orang yang menjadi korban penembakan saat terjadi kasus penyerbuan ke kampus UMI Makassar.
Akibat dari aksi ini, beberapa ruas jalan di Makassar mengalami kemacetan. Seperti Jalan Urip Sumohardjo, Jalan Veteran dan Jalan Gunung Bawakaraeng. Mereka berkonvoi dengan jalan kaki, menggunakan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, dengan start di kampus UMI, Jalan Urip uUmohardjo, Makassar. Peristiwa April berdarah merupakan peristiwa yang terjadi pada Bulan April tahun 1996. Saat itu, ratusan mahasiswa UMI melakukan aksi di depan kampus mereka menolak kenaikan tarif angkota kota atau pete-pete. Namun aksi demo tersebut menimbulkan kemarahan aparat. Aparat menyerbu kampus dan mengejar para mahasiswa.
Suara tambakan juga sempat terdengar. Setelah penyerbuan, tiga orang mahasiswa ditemukan tewas dan puluhan lainnya luka-luka karena kena pentungan dan tendangan dari aparat. Ribuan orang dari berbagai elemen masyarakat di Makassar, Sulawesi Selatan, sudah bersiap-siap untuk menggelar aksi menyambut Hari Antikorupsi Sedunia. Sebagian massa yang terdiri dari mahasiswa dan LSM pro-antikorupsi ini sudah berkumpul.
Mereka berkumpul di bawah fly over Jl Urip Sumoharjo Km 4, Makassar, Rabu (9/12/2009). Massa masih menunggu peserta aksi lainnya yang sedang bergerak menuju lokasi. Sambil menunggu rekan mereka, masing-masing elemen berorasi terkait korupsi. Rencananya, mereka akan bergerak pukul 10.00 WITA. Beberapa titik aksi, yakni di Gedung BI Jl Sudirman, Gedung DPRD Sulsel Jl Urip Sumoharjo, pintu masuk jalan Tol Reformasi, dan Monumen Mandala Makasar.
Titik-titik demonstrasi itu pun sudah dijaga ketat oleh personel Kepolisian. Di Gedung DPRD sudah tampak puluhan barak kuda dan water cannon. Sedangkan di jalan tol dan Monumen Mandala sudah disiapkan patroli bermotor. Polisi sudah mengantongi identitas sejumlah tersangka kerusuhan saat demo hari antikorupsi sedunia di Makasar, Sulawesi Selatan.
Mereka saat ini masih dalam pengejaran petugas. “Kita sedang menginventarisir tersangkanya. Mungkin ada 1 atau 2 orang,” ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Hery Subiansauri kepada detikcom, Kamis (10/12/2009).
Hery menambahkan, salah satu calon tersangka berstatus mahasiswa. Para tersangka ini dibidik pasal 170 KUHAP tentang pengrusakan secara bersama-sama. “Insya Allah dalam waktu dekat kita akan lakukan penegakan hukum terhadap tersangka itu,” imbuhnya. Seperti diketahui, ratusan demonstran mengamuk dan merusak restoran KFC di Jl Sam Ratulangi, Makassar, usai berunjuk rasa di depan kantor gubernur Sulsel. Para demonstran ini kecewa karena tidak bisa bertemu dengan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo untuk menyampaikan tuntutan terkait peringatan hari antikorupsi sedunia.
Dalam aksi brutal itu, sejumlah mobil milik pengunjung restoran cepat saji itu juga ikut jadi korban. Demikian pula dengan gedung bekas kantor DPC Partai Demokrat kota Makassar yang berada persis di seberang KFC.
Kesimpulan nya : tidak perlulah mahasiswa-mahasiswa yang ada di Indonesia melakukan demo-demo atau tindakan anarkis yang dapat menyebabkan kerugian atau menimbulkan kekacauan.

About these ads
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: