RINGKASAN DAN KOMENTAR FILM “I,ROBOT”

Dalam Film I Robot , robot adalah ciptaan manusia, dan manusialah yang bisa menguasainya. Namun satu hal yang harus di ingat bahwa teknologi tersebut bukannya tanpa ada efek sampingnya, karena justru “crime is product of society it self” yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat intelektualitas suatu masyarakat maka akan semakin canggih dan beraneka-ragam pulalah tingkat kejahatan yang dapat terjadi. Hal tersebut yang tersindir dalam film I Robot, bahwa ketika munculnya cyberlaw peraturan bahwa robot tidak diperbolehkan membunuh manusia , dan karena terpancing manusia membunuh manusia, hasil teknologi manusia tersebut (robot) berubah menjadi “seorang penbunuh”, karena melihat dengan mata telanjang bagaimana manusia membunuh robot dengan kejamnya dan mengapa mereka (robot) dalam cyberlaw tidak boleh membalasnya (sengaja dibuat ketidak adilan )

Film I Robot, di setting menggambarkan suasana tahun 2035 di kota Chicago, Amerika Serikat. kehidupan sudah berubah dari mulai gaya hidup sampai bentuk pelayanan public. Semua pelayanan publik digantikan tenaga robot. Manusia hanya sebagai tuan atau majikan dan tiap hari 1000 robot pada perusahaan USR di perebutkan banyak orang dijadikan pelayan , pembantu rumah tangga maupun pekerja.
Cerita diawali dengan meninggalnya Dr. Lennin pencipta robot yang diduga bunuh diri dengan cara terjun dari apartemen . Bersama rekan Dr. Lennin yaitu Dr. Calvin ( Bridget Moynahan) , detektif Spooner ( Will Smith ) curiga bahwa kematian Dr. Lennin bukan karena bunuh diri, melainkan dibunuh. Dan ternyata yang dicurigai adalah robot Sunny. Robot Sunny sempat ditangkap dan diinterogasi di kantor Polisi, tapi dibebaskan lagi dengan alasan sudah ada cyberlaw bahwa robot tidak boleh membunuh manusia.

Detektif Spooner berkunjung kepembuatan robot USR bersama dengan Dr. Calvin mencari robot Sunny dan sempat menembak dua robot yang disaksikan ratusan robot. Hal itulah yang menyebabkan semua robot ingin balas dendam. Detektif Spooner diserang ratusan robot, salah satu robot mengetahui bahwa tangan detektif Spooner ternyata terbuat dari robot.
Akhir cerita otak dari keberingasan robot melawan manusia adalah Alfred. Alfred memaksa robot Sunny membunuh Dr. Lenin. Robot Sunny sempat menolak karena robot tidak boleh membunuh manusia yang tertulis dalam cyberlaw. Alfred punya ambisi menguasai robot tapi terbunuh oleh robot-robot itu.

Jadi kesimpulan dari film I,Robot adalah:
1. Robot yang dibuat tidak selalu sesuai dengan apa yang diharapkan oleh penciptanya.
2. Apabila robot tidak di program secara baik maka robot akan sulit untuk dikendalikan, bisa berbuat kriminal bahkan dapat menimbulkan kekacauan. Dan apabila robot diprogram dengan baik maka robot dapat membantu pekerjaan manusia bahkan bisa menyelamatkan hidup manusia.
3. Dalam film ini robot memiliki emosi dan juga perasaan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: